#ppippnu #ippnu #rekanitaberdaya

Departemen Kewirausahaan dan Ekonomi PP IPPNU telah meluncurkan program Rekanita Berdaya pada Sabtu (24/7/2021) secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. Program ini diinisiasikan untuk menggerakkan aktivitas ekonomi mikro di kalangan pelajar, khususnya rekanita IPPNU di berbagai tingkatkan struktur organisasi. Langkah ini diharapkan memberikan dorongan bagi para pelajar untuk memberikan kontribusi nyata dalam melewati masa sulit akibat pandemi COVID-19.

Selama pandemi COVID-19 berlangsung, pemasaran produk banyak terjadi melalui ekosistem digital. Hal tersebut memberikan peluang yang besar bagi anak muda pelaku usaha mikro dan kecil yang mampu beradaptasi dalam eksositem digital dalam memasarkan produknya. “Melihat peluang UMKM oleh anak muda yang cukup besar, IPPNU harus pintar mengambil dan memanfaatkan peluang tersebut dengan baik.” ujar Ketua Umum PP IPPNU, Rekanita Nurul Hidayatul Ummah dalam sambutannya.

Program Rekanita Berdaya memiliki tiga kegiatan utama untuk memanfaatkan peluang tersebut, yaitu Database UMKM Rekanita IPPNU se-Indonesia, Peluncuran e-commerce bertajuk Rekanita Shop, dan Kelas Rekanita yang berisi berbagai pelatihan kewirausahaan yang menunjang. Ketua Departemen Kewirausahaan PP IPPNU, Rekanita Utami Nur Kholifah menyampaikan dalam sambutannya “Ketiga program ini saling berkaitan dan tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Artinya harus bekerja sama dengan rekanita-rekanita seluruh Indonesia agar saling bersinergi untuk mencapai output yang diinginkan”.

Melalui program ini, diharapkan rekanita di berbagai daerah akan mendapatkan bekal dalam berwirausaha. Selanjutnya data rekanita seluruh Indonesia yang memiliki usaha akan terhimpun sehingga memudahkan realisasi Rekanita Shop yang tentunya akan memberikan dampak yang positif bagi perekonomian Indonesia.

(Putri Utami)