Hal kecil yang masih sering dilakukan masyarakat adalah membuang sampah sembarangan. CFD (Car Free Day) yang kerap dilaksanakan di kota-kota seluruh Indonesia salah satunya adalah Kabupaten Pemalang sering terlihat kotor oleh sampah masyarakat.

CFD di Kabupaten Pemalang diisi dengan kegiatan olahraga seperti senam, pelayanan masyarakat seperti perpustakan keliling, samsat keliling. Kemudian kegiatan tersebut dimanfaatkan oleh sejumlah pengusaha untuk berjualan di area sekitar Alun-Alun Kabupaten Pemalang. Hal itu yang menyebabkan timbulnya sampah.

Sebuah gagasan diusung oleh Ketua tanfidziyah MWC NU Kecamatan Pemalang, Subhan IC, dalam forum kecil bersama dengan perwakilan dari pengurus PAC IPNU IPPNU Kecamatan Pemalang, yaitu; Asrul Muazam (ketua IPNU); Auliya Nisa ‘Arofani (ketua IPPNU); Ikhsan Mukhtamar (sekretaris IPNU); dan Fatimatuzzahro (sekretaris IPPNU) agar dapat memanfaatkan event besar di Kabupaten Pemalang ini dan membuat kegiatan uang tidak mengeluarkan banyak uang namun bermanfaat yaitu dengan memunguti sampah yang ada di area CFD Alun-Alun Pemalang.

Atas gagasan tersebut, IPNU-IPPNU Kecamatan Pemalang menyelenggarakan kegiatan peduli lingkungan yang diberi nama “PEL-PEL-an” yang merupakan singkatan dari “Pelajar Peduli Lingkungan”. Kegiatan ini merupakan salah satu contoh dari perilaku psikologi agama karena peduli lingkungan juga termasuk perintah Allah SWT.

تَنَظَّفُوْا بِكُلِّ مَا اِسْتَطَعْتُمْ فَاِنَ اللهَ تَعَالَي بَنَي الاِسْلاَمَ عَلَي النَظَافَةِ وَلَنْ يَدْخُلَ الْجَنَّةَ اِلاَ كُلُّ نَظِيْفٍ

Artinya : “Bersihkanlah segala sesuatu semampu kamu. Sesungguhnya Allah ta’ala membangun Islam ini atas dasar kebersihan dan tidak akan masuk surga kecuali setiap yang bersih.” (HR Ath-Thabrani).

Pel-pel-an sudah berjalan mulai tanggal 12 Januari 2020. Bangkitnya kembali DKAC CBP KPP Kecamatan Pemalang serta semangat yang membara dari kader-kadernya yang menyebabkan PAC IPNU IPPNU Kecamatan Pemalang mengalihkan kegiatan ini dan mengamanahkannya kepada DKAC CBP KPP Kecamatan Pemalang yang kemudian langsung diterima dan dijalankan setiap pekannya.

Tujuan dari kegiatan ini salah satunya adalah untuk membuang sampah pada tempatnya untuk meningkatkan rasa kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar, tutur Auliya Nisa ‘A selaku ketua PAC IPPNU Kecamatan Pemalang.

(Nama: Fatimatuzzahro
disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Psikologi Agama. Dosen Pengampu : M. Adin Setyawan, M.Psi)