Bandung – Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebutkan bahwa sampah yang dihasilkan di Indonesia pertahun ada 65 juta ton atau 175 ribu ton perhari. Berdasarkan perhitungan Wahana Lingkungan Hidup Jawa Barat, di Jawa Barat peningkatan jumlah sampah mecapai 27 ribu ton perhari.

Dalam rangkaian Hari jadi IPPNU ke-56 dan sebagai rangkaian menyambut Konferwil (Konferensi Wilayah) IPPNU Jawa Barat, selaras dengan tema yang di usung ialah Zero Waste Life Style, maka PW IPPNU Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan orasi dan aksi 1.600 pelajar putri peduli lingkungan yang akan berlangsung pada 1-3 Maret 2020 mendatang. Kegiatan ini sebagai upaya untuk membentuk kesadaran pada masyarakat Jawa Barat terkhusus kader pelajar putri NU untuk mencintai lingkungan dan menjadikan gaya hidup membuang sampah pada tempatnya sekecil apapun, mengendalikan diri dan mengurangi penggunaan barang atau material sekali pakai seperti, kantong plastik, sedotan, coffe cup dan sejawatnya.

“kegiatan ini kami buat sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran diri didalam lingkungan sehari-hari tentang pentingnya diet plastik atau mengurangi dan mengendalikan diri dari penggunaan material plastik” terang Rekanita Nurul Fatonah selaku Ketua PW IPPNU Jawa Barat.

Dengan adanya kegiatan ini PW IPPNU Jawa Barat berharap khususnya kader Pelajar Putri NU Jawa Barat mampu mensosialisasikan gaya hidup ini mendorong teman-teman lainnya untuk ikut serta dalam menjaga lingkungan dan juga merealisasikan dalam bentuk aksi nyata dalam peduli lingkungan.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap akan lebih mendorong teman-teman lainnya untuk menjaga dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan bersih. Karena tanpa disadari bumi sudah semakin tua maka dari itu bumi perlu dijaga dengan melakukan hal-hal kecil tersebut. Dan semoga kegiatan ini bukan hanya sebagai ceremonial saja akan tetapi terus ditindak lanjuti dengan aksi nyata.” Ujar Rekanita Afni selaku ketua penyelenggara kegiatan ini.

Rencananya kegiatan orasi dan aksi ini akan digelar secara serentak di 1.600 titik di Jawa Barat dan dilakukan oleh IPPNU se-Jawa Barat dengan menggandeng pihak-pihak yang fokus dengan isu lingkungan yang dilaksanakan pada 01-03 Maret 2020.
(Gina)