Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), yang diperingati setiap tanggal 2 Mei 2019, Ketua Umum Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Nurul Hidayatul Ummah mengajak pelajar seluruh Nusantara untuk terus semangat meningkatkan pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

“Dulu, hanya anak bangsawan, konglomerat, dan kalangan keluarga kerajaan saja yang boleh bersekolah. Hingga kemudian Ki Hajar Dewantara melalui Taman Siswa berjuang membuat rakyat juga bisa mengenyam pendidikan. Sebab pendidikan adalah kunci kemajuan suatu bangsa” kata Nurul, Kamis (02/05).

Menurutnya Hardiknas bukan sekedar perayaan biasa, selain merefleksi dari Ki Hajar Dewantara, IPPNU tentu sangat perlu merefleksi pesan yang sangat penting dari seorang Kartini, yaitu Pendidikan perempuan, bagaimana ia memperjuangkan agar perempuan memperoleh hak pendidikan yang sama. Kehadiran IPPNU sebagai organisasi berbasis kepelajaran, tentu IPPNU berkomitmen untuk terus mendorong dan menciptakan pelajar-pelajar khususnya perempuan untuk terus berprestasi dan berpendidikn tinggi, tidak hanya pendidikan formal, namun juga pendidikan karakter.

“Saat ini pendidikan memiliki peran yang sangat penting. Saat ini siapapun bisa mengakses pendidikan bahkan hingga pasca sarjana. Program pemerintah telah banyak mempermudah akses pendidikan bagi masyarakat. Terlepas dari kekurangan yg mungkin masih ada, telah banyak beasiswa diluncurkan oleh beberapa kementerian yg diperuntukkan untuk anak-anak berprestasi, kurang mampu, berbakat maupun yang berada di wilayah perbatasan”, Papar Nurul

Selain itu, menurutnya saat ini tingkat perkembangan pendidikan perempuan mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya perempuan yang sudah berani mengambil pendidikan yang tinggi.

Oleh karena itu ia mengajak kepada seluruh Pelajar Putri NU khususnya agar bisa bermimpi dari sekarang untuk mengenyam pendidikan tinggi, baik di dalam maupun luar negeri. Semua akses sudah ada, kembali kepada kita mau memperjuangkannya atau tidak. Tentunya dalam setiap kesempatan ini harus dibarengi dengan semangat belajar yang tinggi.