Surabaya- 21 April merupakan hari memperingati R.A Kartini, dimana peringatan itu di peringati setiap tahunnya oleh seluruh elemen pelajar. Dalam peringatan tersebut Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PC IPPNU) Kota Surabaya turut serta memperingati Hari Kartini dengan mengadakan skrining thalassemia yang bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan dan Rotary Club Surabaya. Kegiatan skrining thalasemia tersebut dilaksanakan pada pukul 09.00-selesai, tanggal 22 April 2018 di kantor Darma Wanita Persatuan Kota Surabaya.

Thalasemia adalah penyakit kelainan darah bawaan yang disebabkan oleh berkurangnya atau tidak terbentuknya protein sehingga mengakibatkan eritrosit mudah pecah dan anemia. Penyakit thalasemia ini menduduki peringkat kedua yang biayanya dijamin oleh pemerintah sebesar Rp. 299 M tahun 2015, dengan perincian dana Rp. 300-400 juta/anak/tahun untuk transfusi darah dan obat kelasi besi. Thalassemia dapat juga dicegah dengan melakukan skrining darah sebelum menikah.

Ratna Hadju selaku perwakilan Rotary Club Surabaya berharap dengan adanya kegiatan Skrining thalassemia gratis ini, dapat menekan penderita penyakit thalassemia yang mencapai 9000 penderita, sehingga dapat melahirkan generasi penerus bangsa yang sehat dan cerdas.

“Dulu kartini sangat menjaga kesehatannya dari penyakit, sehingga kita juga dapat meneladani hal terkecil dari kartini yaitu hidup sehat sehingga terhindar dari penyakit. Kami berharap setelah adanya skrining thalassemia ini rekanita surabaya lebih bijak dalam menjaga kesehatan dan memilih pasangannya” Imbuh Sekretaris Cabang IPPNU Kota Surabaya.