Pasuruan – Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) adalah sebuah Organisasi Kemasyarakatan yang sangat kental akan kebudayaan Ahlusunnah Waljamaah. Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU dan IPPNU di tiga kecamatan yakni Gempol, Pandaan dan Prigen yang berada di kawasan Kabupaten Pasuruan, melakukan sebuah kegiatan dimana kegiatan tersebut adalah sosialisasi tentang tata cara persidangan di IPNU maupun di IPPNU ketika melakukan konferensi atau rapat anggota. Kegiatan ini dilakukan dan dilaksanakan guna mengembangkan kemampuan berorganisasi agar nantinya kalangan pelajar dapat mengekspresikan diri menjadi pemimpin yang baik di skala kecil maupun besar.

IPNU dan IPPNU ini termasuk bagian dari Nahdlatul Ulama dan bahkan sampai saat ini nama IPNU ataupun IPPNU begitu menggelegar, karena pada saat mendirikan organisasi tersebut tidak sembarang mendirikannya, melainkan dengan ratapan dan tangisan tirakat. Sampai sekarang, IPNU dan IPPNU sudah sangat berkembang, dari yang awalnya sedikit anggotanya hingga sekarang jumlah anggotanya sudah banyak dan hampir rata ada di setiap sisi penjuru Indonesia.

Tujuan adanya Kegiatan ini adalah mengembangkan kualitas dan integritas setiap anggota untuk menghasilkan suatu kader yang baik dan unggul. Peserta juga dididik untuk memahami Manajeman Organisasi. Banyak hal positif ketika mengikuti kegiatan ini, terutama ketika peserta diajarkan tentang prinsip organisasi baik dari teori Henri Fayol maupun Max Weber.

Kegiatan ini menitik beratkan kepada IPPNU karena selama ini untuk ditatanan bawah yakni di Pimpinan Ranting (PR) sosok kepemimpinan wanita masih dirasa kurang di dalam kepengurusan IPPNU di tingkat ranting. Untuk itu dalam rangka membangkitkan ghiroh berorganisasi di IPPNU atau dikalangan perempuan juga bisa belajar menjadi seorang pemimpin.
Zuhrotun Nisa selaku ketua PAC IPPNU Gempol dan panitia pelaksa kegiatan ini juga memaparkan “Agenda ini adalah bentuk proses kaderisasi untuk mengembangkan manajemen organisasi para anggota serta kegiatan ini bertujuan sebagai pandangan untuk para anggota sebelum kita di PAC melakukan Konferensi Anak Cabang (Konferancab) yang akan kita laksanakan dalam waktu dekat ini. Maka Peserta diharapkan paham tentang mekanisme dalam konferensi nantinya biar memberikan sumbangsi pemikiran dan gerakan yang lebih baik lagi”. (AM)