SURABAYA – Pimpinan Komisariat Ikatan pelajar NU dan Ikatan Pelajar Putri NU  SMK AL AMIN Kota surabaya mengadakan kegiatan pengkaderan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) di Gedung diklat Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama’ (PWNU)  Prigen, Pasuruan. Makesta ini diadakan pada hari jumat hingga minggu, tanggal 27-29 Oktober 2019.

Kegiatan pengkaderan Makesta yang ini diikuti sekitar kurang lebih 70 peserta dari kelas tujuh. Makesta PK IPNU IPPNU AL AMIN merupakan kegiatan pengkaderan kepada pelajar/murid baru di sekolah AL AMIN. Uniknya kegiatan ini memiliki tema Baper NU (Bangun Akhlak Pelajar NU) dengan mengikuti modernisasi tanpa meninggalkan tradisi.

“Baper NU merupakan tema yang disingkat oleh para konseptor Makesta yaitu dari PAC IPNU IPPNU Gunung Anyar, kami berharap dengan membangun akhlak pelajar NU ditingkat sekolah dapat mengurangi krisis moral pelajar di kota Surabaya” tegas Putri Ayu selaku Panitia pelaksana makesta al amin.

Melihat pelajar kota yang sangat dinamis merupakan kekhawatiran tersendiri bagi IPPNU, sehingga makesta baper NU AL Amin  menjadi solusi untuk menjaga dan membentengi pelajar.

“pengkaderan tingkat sekolah menjadi daya tarik tersendiri bagi pelajar kota karena ketika melanjutkan menuju ke perguruan tinggi biasanya mahasiswa baru sering mecari-cari hal baru untuk diikuti sehingga ketika sudah dikader saat sekolah juga dapat melanjutkan pengkaderan di tingkat perguruan tinggi agar terlindung dari krisis moral maupun radikal” terang choirotul umayah selaku wakil ketua bidang kaderisasi PC IPPNU Kota Surabaya.

Makesta Baper NU juga merupakan gerakan pelajar untuk turut serta menjadi peelajar yang sehat akan jasmani maupun rohani. Jasmani seperti mengembaangkan bakat-bakat para pelajar akan mengesplorasi minatnya dan rohani sebagai rasa syukur dan tunduk kita kepada ALLAH SWT, bagi kader IPNU IPPNU wajib hukumnya untuk mengikuti pengkaderan Makesta. (SM)