Tanggerang – “Saya senang IPPNU bisa bekerjasama dengan Kominfo dalam menciptakan budaya internet sehat. Saya yakin karena NU itu orang baik dapat menggunakan internet dan teknologi dengan baik.” Ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Basuki Yusuf Iskandar dalam pembukaan Creative Media Youth School di Aula Pusat TIK Nasional, Kamis (5/10).

Demikian pula disampaikan oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat IPPNU, Zaimah Imamatul Baroroh bahwa kegiatan Bimbingan Teknis Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi tersebut dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman media terhadap kader pelajar putri se-Indonesia agar mampu menyaring setiap informasi dan menghadapi perkembangan teknologi di era millennial.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari tersebut diikuti oleh 100 pelajar putri yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan Sumatera.

“Tujuan mengikuti acara ini ialah ingin kembali mendalami dunia desain grafis dan jurnalistik yang memang dari dulu sangat saya sukai. ” Ujar salah satu peserta dari Palembang, Rika Fitriani

Materi yang disampaikan mencakup teori dan praktik tentang jurnalisme, desain, dan videografi yang diberikan oleh tim pelatihan dari Kemenkominfo RI. Selain itu, peserta mendapatkan motivasi dan pengetahuan terkait internet sehat dari Twitter Indonesia, Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI), NU World, NU Online dan materi perfilman dari Eagle Intitute.

Saat dihubungi melalui ponsel Puti Hasni selaku Ketua Umum PP.IIPNU yang tengah mengikuti pertukaraan pelajar ke Jepang menyampaikan pesan kepada para peserta untuk mulai menggunakan media sosial secara bijak. Era digital ini, era yang serba terbuka ini, jangan mudah ikut-ikutan menyebar berita hoax, menyampaikan ujaran kebencian, baik kepada teman sendiri maupun kepada orang lain. Hindari terlalu mudah broadcast dan ngeshare informasi yang belum paham persis kebenaran, kebaikan, dan kemanfaatannya.

(Durrotul Firdaus)