Banyuwangi – “Saya memang senang menulis. Saya sering menulis diary tentang pribadi saya meskipun hanya saya baca sendiri, status di fb saya itu salah satu bentuk tulisan saya dan juga bentuk keprihatinan saya tentang masalah yang akhir-akhir ini sedang di peribincangkan oleh banyak orang dan ternyata status saya mendapatkan like hampir 11 ribu lebih”. Ujar Pelajar yang status Facebooknya viral, Asa Firda Inayah.

Siswi SMAN 1 Gambiran tersebut menjadi perbincangan publik ketika akun Facebooknya yang bernama Afi Nihaya Faradisa popoler dengan statusnya berjudul Warisan. Bahkan satusnya tersebut menuai pro dan kontra dari berbagai kalangan.

Melihat fenomena itu, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Banyuwangi melakukan audiensi dengan siswi yang akrab disapa Afi tersebut di SMAN 1 Gambiran, Rabu (24/5).

Menurut Ketua PC IPPNU Banyuwangi Halimah, bahwa audiensi tersebut diagendakan untuk menggalih ilmu dan pengalaman dari siswi asal Banyuwangi yang statusnya inspiratif tersebut untuk ditularkan kepada kader-kader IPPNU serta pemuda Banyuwangi lainnya.

“Apa yang dilakukan oleh Afi ialah sebuah sentilan untuk pemuda dan pelajar di Indonesia khususnya Banyuwangi untuk menggunakan media sosial secara bijak dan memaksimalkan untuk menyalurkan karya, salah satunya karya tulis maupun desain dan videografi.” Ungkap Wakil Ketua IV Bidang Jaringan Komunikasi dan Informasi PC IPPNU Banyuwangi, Durrotul Firdaus saat diwawancarai melalui telepon.

“Mbak Afi apa yang membuat mbak Afi senang menulis? Lalu adakah perubahan dalam keseharian yang mbak afi alami setelah terkenal seperti sekarang ini? Mungkin juga terkait pendidikan.” Tanya salah satu anggota IPPNU, Ulfa Rahmawati.

“Perubahan pasti bahkan karena status saya tentang warisan kemarin itu pastinya ada yang pro dan kontra. Sampai banyak pihak yang menghubungi saya dari yang mendukung maupun menolak status tersebut. Selain itu juga banyak tawaran beasiswa dari beberapa Universitas, namun sementara ini saya tolak semua karena tidak sesuai dengan bidang yang saya  inginkan yaitu Psikologi.” Jawab Afi dengan lugas.“Apa pesan untuk Pelajar diluar sana?” Tanya Ulfa kembali pada siswi yang saat ini sering mendapat undangan dari lembaga pendidikan dan instansi pemerintahan tersebut.“Untuk temen-temen yang ada di generasi saya selagi masih muda jangan sia-siakan waktu yang bener-bener gak ada manfaatnya misalnya pacaran, hangaut yang berlebihan kalau bisa menulislah karena seperti dikatakan Pramudia Anantatur tulisan itu tidak akan mati. Kalian tidak akan tau kalian bisa menulis sebelum kalian mencoba dan gunakan media sosial secara positif” Tutur Afi. (Ulil Izza Febriana)