Pembukaan Latihan Kader Utama IPPNU Tapal Kuda. Dok.PC.IPPNU Banyuwangi

Banyuwangi – “Lakut diadakan untuk menuntaskan jenjang kaderisasi yang ada di IPPNU. Selain itu, kita berharap masing-masing perwakilan pimpinan cabang bisa membawa ilmu, pengalamannya ke daerah masing-masing sehingga bisa menjadikan kader IPPNU lebih berkualitas khususnya Tapal Kuda.”

Ujar Koordinator IPPNU Daerah Tapal Kuda, Khoirun Nisa dalam sambutannya di acara pembukaan Lakut di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an al-Mubarok Genteng Banyuwangi, Senin (6/3).

Latihan Kader Utama (Lakut) adalah jenjang pengkaderan di IPPNU setelah Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) dan Latihan Kader Muda (Lakmud). Lakut IPPNU Tapal Kuda mengusung tema IPPNU Kembali ke Khittah demi mewujudkan pelajar putri yang berkarakter, berdaya saing, dan berinovasi untuk membangun negeri. Hal demikian dituturkan Ketua panitia, Silvia Ulfa Hidayati.

Lakut diikuti oleh 21 peserta yang terdiri dari perwakilan Pimpinan Cabang (PC) IPPNU se-Tapal Kuda Jawa Timur antara lain Banyuwangi, Kencong, Jember, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kraksaan, Situbondo, dan Bondowoso.

Lakut yang berlangsung selama 4 hari ini diisi dengan 13 materi. Sebagian materi tersebut adalah Analisa dan Gerakan Sosial, Metode Pengorganisasian Pelajar, dan Manajemen Program. Diantara Materi-materi tersebut menghadirkan narasumber dari tokoh lokal, alumni IPPNU, Pimpinan Wilayah IPPNU Jawa Timur, serta Pimpinan Pusat IPPNU.

Ketua PC IPPNU Kencong, Nihayatul Khoiroh, mengharapkan Lakut yang diadakan untuk beberapa daerah di Tapal Kuda tersebut dapat mempererat tali silaturrahim, berbagi ilmu dan pengalaman, sehingga dapat diterapkan di PC IPPNU Kencong sendiri.

Hal demikian juga dituturkan oleh Ketua PC IPPNU Bondowoso, Dian Indayani. Dengan minimalnya persiapan keberangkatan karena terkendala dengan kegiatan di Bondowoso sendiri, namun PC IPPNU Bondowoso tetap berusaha memaksimalkan kader-kader yang akan diikutsertakan dalam Lakut. Dengan hadirnya 3 orang peserta dari Bondowoso, diharapkan bisa menularkan ilmu dari Lakut kepada kader-kader IPPNU Bondowoso. (Durrotul Firdaus)