Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jawa Barat mengikuti workshop kaderisasi yang diselenggarakan oleh Pimpinan Pusat (PP) IPPNU (03/03) yang bertempat di Pondok Pesantren Hati, Keraksaan-Probolinggo.

Peserta dalam workshop ini adalah seluruh pengurus Pimpinan Pusat IPPNU, Ketua Bidang Kaderisasi Pimpinan Wilayah, dan semua alumni Pelatih Nasional (Pelatnas) tahun 2015. Dan lebih dari 72 kader IPPNU dari beberapa wilayah di Indonesia telah mengikuti kegiatan ini, di antaranya kader IPPNU dari Kalimantan Barat, Lampung, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Daerah Khusus Ibukota, Banten dan lain sebagainya.

Pimpinan Wilayah IPPNU Jawa Barat sendiri mengirimkan 5 (lima) kader terbaiknya untuk mengikuti workshop ini, yaitu rekanita Nurul Fatonah (Ketua PW. IPPNU Jawa Barat sekaligus alumni Pelatnas 2015), Nabila (ketua bidang kaderisasi), Nurjannah, Shofa Marwah, dan Afifah (alumni Pelatnas 2015).

Menurut Nurul Afifah Marwatin, selaku ketua panitia kegiatan dalam workshop kaderisasi ini untuk membedah buku pengkaderan IPPNU yang bertujuan untuk lebih memperkuat desain kaderisasi, menuju organisasi yang kokoh dan berkelanjutan.

“karena perkembangan zaman sudah semakin maju, kesulitan dan tantangan terkait kaderisasi pun semakin beragam. Oleh karena itu, desain/ kurikulum dalam kaderisasi IPPNU pun harus selaraskan dengan perkembangan dan kemajuan yang ada, agar sesuai dengan kebutuhan, ungkap Afifah”.

Sementara Nurul Fatonah selaku ketua PW. IPPNU Jawa Barat mengaku merasa senang bisa bersilaturahmi dengan rekanita-rekanita IPPNU lainnya, juga merasa bangga karena bisa ikut dan terlibat dalam membedah dan mengevalusi buku petunjuk pengkaderan IPPNU yang menjadi petunjuk pelaksanaan pengkaderan IPPNU di seluruh Indonesia.

“Nurul sapaan akrabnya, berharap dengan adanya evaluasi ini, kaderisasi IPPNU kedepan akan lebih baik lagi, dan bermanfaat untuk kader IPPNU di seluruh Indonesia, harapnya”.
(Nurjannah Al Kendali)