Tegal, NU Online

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada Ramadhan ini Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar NU (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal mengadakan tadarus Al-Qur’an di sambung dengan buka puasa bersama.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk ibadah dan ikhtiar untuk tetap menjaga komunikasi antarpengurus IPNU-IPPNU di tingkat anak cabang dan ranting, serta segenap badan otonom NU selama bulan Ramadhan.

“Namun momen Ramadhan kali ini ada yang berbeda, di mana kegiatan yang dipusatkan di gedung MWCNU Kecamatan pangkah Kabupaten Tegal ini diadakan satu bulan full selama bulan suci Ramadhan dan diikuti oleh seluruh Pimpinan Ranting/Pimpinan Komisariat se-Kecamatan Pangkah,” tutur ketua IPNU Kecamatan Pangkah Moh Naenul Rizqoni, Rabu (8/6).

Tadarus rutin setiap ba’da ashar sampai dengan waktu maghrib ini juga diselingi dengan Kuliah Ashar yang diisi oleh jajaran kepengurusan MWCNU setempat dengan tema kajian yang bebeda-beda.

Rizqoni mengatakan, kegiatan ini menjadi wahana pelajar NU untuk mengaji ilmu dan diskusi sebagai modal untuk pengabdian masyarakat di masing-masing desa. Menurutnya, pengabdian tersebut merupakan tanggung jawab seorang kader intelektual muda Ahlussunah wal Jama’ah.

“Alhamdulillah, program yang awalnya dijalankan atas dasar intruksi dari MWCNU Pangkah ini mendapat apresiasi oleh Pimpinan Ranting dan Pimpinan Komisariat yang ada, serta mendapat dukungan penuh dari Dewan Pembina (IPNU-IPPNU setempat) dan segenap jajaran pengurus MWCNU Pangkah,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Nurrofiudin selaku Pembina PAC IPNU Kecamatan Pangkah yang juga pernah menahkodai IPNU di Kecamatan Pangkah. Ia menyampaikan rasa bangga ketika melihat semangat kader-kader muda NU. Menurutnya, semangat persatuan dan kekompakan pengurus merupakan harga mati yang harus di miliki oleh suatu organisasi.

Ketua MWCNU Kecamatan Pangkah H M.Muntoyo berharap adanya komitmen IPNU-IPPNU dari tingkat desa untuk bersama-sama bersinergi membantu syi’ar Ahlussunah wal Jama’ah dan membangun NU Kecamatan Pangkah yang lebih bermartabat.

“Mari satukan tekad membangun NU Pangkah dengan penuh semangat dan keikhlasan untuk kemaslahatan bersama,” ajak Ketua MWCNU. (Abdul Wahab/Mahbib)