Jombang, NU Online

Ketua Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Jombang Qurotul Aini mengajak para pemuda setempat untuk meningkatkan amal baik di bulan Ramadhan. Menurut Aini, kesempatan Ramadhan dapat diisi dengan kegiatan bermanfaat seperti tadarus Al-Qur’an, bersedekah, dan perbuatan manfaat lainnya.

Ia menjelaskan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya kitab umat Islam, Al-Qur’an. Sebagai umat Muslim, para pemuda di Jombang sudah seharusnya memelihara kitab suci tersebut dengan meningkatkan bacaannya di bulan Ramadhan ini.

“Sering munajat diri, perbanyak sedekah, qiyamul lail, terlebih tadarus. Karena syahru Ramadhan adalah syahrul Quran. Ramadhan itu bulannya Al-Quran,” katanya kepada NU Online, Kamis (9/6) kemarin.

Aini menambahkan, pada bulan tersebut umat Islam memiliki kesempatan besar untuk memperbanyak zikir kepada Allah SWT dan beramal baik kepada sesama. “Bulan Ramadhan, semua setan mulai dari tipe A hingga Z dipenjara. Kalau sampai masih ada yang berbuat negatif berarti itu nafsu dari masing-masing individu yang masih berkeliaran,” ucapnya sambil tersenyum.

Untuk itu, ia mengajak para pemuda mulai memanfaatkan bulan Ramadhan dengan sebaik-sebaiknya. “Harus diisi dengan kegiatan postif, yang negatif dikurangi bahkan kalau perlu dihapus. Minimal menahan hawa nafsu,” ujarnya. (Syamsul Arifin/Alhafiz K)