Temanggung, NU Online

Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar NU (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) Kabupaten Temanggung Jawa Tengah mengadakan kegiatan lintas alam di kawasan zona utara Temanggung pada Ahad (29/5).

Kegiatan ini diikuti tujuh Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Kabupaten Temanggung, antar lain dari Kecamatan Gemawang, Jumo, Tretep, Wonoboyo, Bejen,Candiroto dan Ngaderjo.  Masing-masing PAC yang turut berpartisipasi mendelegasikan lima anggota IPNU dan IPPNU.  Pembukaan acara dilangsungkan di lapangan Gardu Pandang Desa Simpar, Kecamatan Tretep.

Menurut Agus Subkhi, ketua koordinator Zona Utara, acara lintas alam ini sebenarnya sudah diagendakan sejak lama dan kini akhirnya berhasil terlaksana.  “Tujuan mengadakan acara ini adalah untuk menunjukkan kekompakan dan keharmonisan Pengurus IPNU IPPNU baik dari tingkat PC maupun tingkat PAC dan untuk memperkuat hubungan silaturahim antar PAC”, kata Sekertaris PC IPNU Temanggung ini.

Untuk lebih menyemarakkan acara ini, panitia mengadakan pula suatu permainan sederhana. Teknisnya,  panitia acara membagikan peserta menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok harus berjalan mengikuti jalur yang telah di buat oleh panitia, dan di setiap jalur atau titik ada pos yang dijaga oleh panitia. Di tiap pos tersebut peserta diberikan pertanyaan ataupun permainan. Rute yang ditempuh pun tidak terlalu jauh, hanya mengitari bukit gardu pandang. Kira-kira memakan waktu sekitar satu jam.

Keberadaan Gardu Pandang Simpar tidak terlalu tinggi, sekitar 30 meter untuk sampai di atas bukit. Tapi ketika sudah sampai di atas bukit, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan pegunungan yang eksotis.

Acara lintas alam ini ditutup dengan pembagian hadiah bagi para juara yang kelompoknya sampai di lapangan atau finis terlebih dahulu. Hadiah yang diberikan disponsori oleh Coffe Guci produksi Kecamatan Gemawang Temanggung yang dikelola oleh salah seorang mantan ketua PC IPPNU Temanggung angkatan 2013-2015. (M. Haromain/Mahbib)