Cirebon, NU Online
Pimpinan Cabang IPNU dan IPPNU Kabupaten Cirebon kembali melantik ratusan pelajar yang tengah menuntut ilmu di Yayasan Pesantren An-Nashuha, Kalimukti, Cirebon, Kamis-Jumat (28-29/4). Mereka melantik peserta Makesta raya selama dua hari itu di MAN Kalimukti, yang sekarang berganti nama dengan MAN 5 Cirebon.

Peserta Makesta raya terdiri atas beberapa komisariat yang ada di bawah naungan Yayasan An-Nashuha seperti komisariat IPNU-IPPNU MAN 5 Cirebon, komisariat IPNU-IPPNU MTs An-Nashuha Kalimukti, dan komisariat IPNU-IPPNU SMP Ma’arif NU Pabedilan.

Menurut Ketua pelaksana Muhammad Rifqi Bustomi, Makesta raya ini merupakan kaderisasi formal pertama dari IPNU-IPPNU sebelum Lakmud. Diharapkan adanya Makesta ini dapat mencetak kader-kader IPNU-IPPNU yang baru, inovatif, dan kreatif.

Ketua IPNU Kabupaten Cirebon Ayub Al-Ansori mengatakan, Makesta merupakan pintu gerbang memasuki IPNU-IPPNU bahkan NU itu sendiri khususnya bagi pelajar dan santri. Makesta juga merupakan standar bagi para pelajar dan santri sebagai anggota IPNU dan IPPNU.

“Sebelum dilantik dan dikukuhkan sebagai pengurus komisariat di sekolah masing-masing, adanya Makesta minimal mereka memahami dasar-dasar ke-IPNU dan ke IPPNU-an juga ke-NU-an dan Aswaja,” jelas Ayub.

Sementara Ketua IPPNU Cirebon Nur Aida Fajriyanti mengatakan, adanya kaderiasasi Makesta ini menyambung generasi muda masa depan NU agar tidak terputus, karena akan terus berganti dan mencetak kader-kader muda NU yang nantinya akan menggantikan dan memimpin kepengurusan selanjutnya. Dengan demikian estafet kepemimpinan di tubuh NU dan IPNU-IPPNU Kabupaten Cirebon akan terus berjalan. (Nurjannah Al-Kendal/Alhafiz K)