Cirebon, NU Online
Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, kembali membentuk Pimpinan Anak Cabang (PAC) atau kepengurusan IPNU-IPPNU di tingkat kecamatan.

Setelah dua minggu lalu sukses membentuk anak cabang di Kecamatan Kaliwedi, PC IPNU-IPPNU membentuk anak cabang di Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon. Pendirian PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Pangenan ditandai dengan pengukuhan pada Selasa (3/5) di Masjid Desa Ender.

Proses Pembentukan dilakukan hanya kurang dari dua minggu untuk cara mengumpulkan remaja-remaja dari berbagai desa. Selanjutnya ketua dipilih melalui musyawarah bersama Pimpinan Cabang dan para peserta. Forum memilih Hamdan Tsani Tio ketua perdana PAC IPNU Kecamatan Pangenan dan Khurul Aien sebagai ketua PC IPPNU Kecamatan Pangenan.

Ketua PC IPNU Kabupaten Cirebon Ayub Al Anshori mengatakan, di Kabupaten Cirebon dari total 40 kecamatan, saat ini baru sekitar 20 Kecamatan yang telah dibentuk, yaitu setengah dari total kecamatan yang ada Kabupaten Cirebon.

“Selesai dibentuk, tugas yang paling utama dari PAC adalah mengadakan Makesta (Masa Kesetiaan Anggota) dan pelantikan. Target akhir tahun 2016, kami ingin membentuk minimal 10 PAC lagi,” kata Ayub.

Sementara Nur Aida Fajriyanti sebagai ketua PC IPPNU Kabupaten Cirebon berkomitmen akan fokus dengan masalah pengaderan. Di samping pihaknya gencar membentuk anak cabang baru, juga akan membina PAC-PAC yang telah dibentuk. “Mudah-mudahan PAC-PAC yang sudah terbentuk bisa lebih aktif dan kompak lagi,” tandas Aida. (Nurjannah Al Kendali/Mahbib)