Ketika kesunyian benar-benar menyelimuti malam..

di situlah pelan-pelan mulai terbingkiskan bahasa hati yang sulit di mengerti  sekali pun oleh  segenap para professor yang memiliki ilmu tinggi…

Di sinilah pisau analisis akan terhenti seketika jua…pisau analisis akan tumpul ditimbun rasa yang  bertubi..yaaa…Bahasa hati tak akan sampai untuk di mengerti..bahasa hati  memang sukar untuk di fahami…bahasa hati hanya akan  terjamah oleh orang yang di maksud  hati..

Sunyi nya malam  memaksa ku untuk meng ingat ketika aku  membaca buah karya Faridu’d-Din Attar,di dalam Mantiqu’t-Thair  yang di balut oleh puisi  berwatak mistis religis…

suatu hari hud yang di dadanya tampak perhiasan yang melambangkan bahwa dia telah mengikuti tarikat pengetahuan ruhani,jambul di kepalanya sebagai mahkota kebenaran,dan dia juga dianugrahi pengetahuan tentang baik buruk,mulai membuka musyawarah

“Burung-burung yang terhormat,” dia mulai, ” Aku memiliki pengetahuan tentang Tuhan dan rahasia-rahasia ciptaan.. Aku dapat mencari sumber air dengan naluriku, dan banyak rahasia lain yang kuketahui. Aku bicara dengan Sulaiman dan aku yang paling penting di antara para pengikutnya. Mengherankan bahwa ia tak menanyakan ataupun mencari mereka yang tak hadir dalam kerajaannya, namun bila aku pergi sehari saja, disebarnya utusan di mana-mana, dan karena ia tak mungkin tanpa aku sebentar maka nilai kepentinganku telah mantaplah selamanya. Aku membawa surat-suratnya, aku pengiringnya yang terpercaya. Burung yang diinginkan Nabi Sulaiman patut mendapat mahkota di kepalanya. Burung yang dikatakan baik oleh Tuhan, mana mungkin menyeret bulu-bulunya dalam debu? Bertahun-tahun aku telah mengelana di laut dan di darat, lewat di atas gunung-gunung dan lembah-lembah. Kucakup ruangan maha luas di masa banjir besar; aku menyertai Sulaiman dalam perjalanan-perjalananny.

hud-hud kata Bila cinta datang, pikiran lenyap. Pikiran tak bisa tinggal bersama kedunguan cinta; cinta tak berurusan dengan akal pikiran insani. Bila kau memiliki penglihatan batin, zarrah-zarrah dari dunia yang kelihatan ini akan tersingkap bagimu. Tetapi bila kau memandang segalanya dengan mata pikiran biasa, kau tak akan pernah mengerti betapa perlunya mencinta. Hanya dia yang telah teruji dan bebas dapat merasakan ini. Yaaa..Cinta sejati tak mengenal pikiran-pikiran yang menyusul kemudian..dengan cinta, baik dan buruk pun tak ada lagi.

Tinggiiiii…

Cinta itu ilmu yang tak kalah tinggi

Cinta itu cobaan bagi orang-orang saleh

Mendekap cinta berarti menyeret akal pada tepian syariat

Menggenggam cinta berarti membangkitkan semangat

Duhai malam yang Sunyiiiiiii…

Sunyi ini aku sukai…

Biarkan aku memaknai cinta ku dengan bahasa hati ku sendiri…

Yang mana hanya aku,kamu dan Dia yang dapat mengerti

Jikalah sunyi alat komunikasi

Biarkan aku memilih berkomunikasi dengan bahasa hati  sunyi yang aku sukai

Karena dengan sunyi akan termuat lah semua muatan  perasaan tanpa ada ghoyah

karena di dalam sunyi alam mengeluarkan kumpulan keluh yang tak terkira,

karena dalam sunyi jiwa-jiwa yang terluka puas mengadukan duka

karena di dalam sunyilah ratapan jiwa yang berusaha mengobati luka kian menggema

karena sunyi tempat di mana hamba yang mencinta mengeluarkan cinta pada sang maha pencipta cinta

sunyi menuntun ku berenang menyusuri lautan Al-Hullah yang tak bertepi

sunyilah jua yang menenggelamkan aku dalam lautan syaghaf.

Maha suci engkau sang pencipta cinta

Engkau jadikan Cinta menjadi perasaan yang sangat bersih dalam hati kita, bukan perasaan yang mengganggu

Engkau cipta cinta menjadi perasaan yang sejuk sehingga menimbulkan ruang yang lapang untuk diisi dengan semangat menuju perubahan yang lebih baik bukan menjerumuskan kita jauh kedalam lembah kenistaan.

Cinta menyempurnakan jiwamu, menerangi pikiranmu, Cinta membawa ketenangan pada hatimu. Mengisinya dengan kesucian,keikhlasan, dan kasih sayang.

Cinta bukan lah serta merta menuruti nafsu insani

Karena Hawa  nafsu membawa rasa kekecewaan, memakan habis kesadaran, menghancurkan penjagaan, meruntuhkan benteng hati, menguras kebaikan dan menggantikan tempatnya pada keburukan. Lindungilah aku dengan keimanan, ketaqwaan dan tawadhu, lepaskanlah diriku dari ketergantungan pada selain-Nya.

Semoga Dengan lantaran Suka ku,suka mu,suka Nya akan terus meresap menyedot habis kekuatan tuk membangun  istana cinta..

Tuan sabir bilang Cinta adalah iradat Tuhan, dikirimnya kedunia supaya tumbuh. Kalau dia terletak di atas tanah yang lekang dan tandus, tumbuhnya akan meyiksa orang lain. Kalau dia datang pada hati yang keruh, dia akan membawa

kerusakan. tetapi jika dia hinggap kepada hati yang suci, dia akan mewariskan kemuliaan, keikhlasan dan taat kepada ilahi.

Sembahlah Allah dengan khusuk, ingat dia ketika senang, dan di waktu kita sengsara. Dialah yang akan membimbing tanganmu, Dialah yang akan menunjukkan haluan hidup kepadamu, Dialah yang akan menerangi jalan yang gelap. Jangan takut menghadapi cinta, Allah yang menjadikan matahari dan memberinya cahaya. Allah yang menjadikan bunga dan memberinya wangi. Allah yang menjadikan mata dan memberinya penglihatan. Maka Allah pulalah yang menjadikan hati dan memberinya cinta. Jika hati kau di beri-Nya nikmat pula dengan cinta sebagaimana hatiku, marilah kita pelihara nikmat itu sebaik-baiknya, kita jaga dan kita pupuk, kita pelihara supaya tidak di cabut Tuhan kembali

elt_zahra