Jombang, NU Online
Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jombang berencana menggelar lomba lagu nasionalisme “Ya Ahlal Wathan” ciptaan KH Abdul Wahab Chasbullah untuk kalangan pelajar dan santri pada 20 Februari 2015 di MA Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, Jawa Timur.

“Sebagai organisasi pelajar, IPNU dan IPPNU ingin lebih mengenalkan bahwa nasionalisme atas bangsa Indonesia sudah diajarkan para ulama pendiri NU jauh sebelum Kemerdekaan RI. Dan lagu Ya Ahlal Wathan sangat menggugah semangat kaum pelajar dan generasi muda,” ujar Rosyid, Ketua PC IPNU Jombang saat ditemui di Kantor PCNU Jombang, Rabu (4/2).

Di samping lagu ” Ya Ahlal Wathan” , lomba dalam rangka “Refleksi Hari Lahir IPNU ke-61 dan IPPNU ke-60” itu juga melombakan lagu mars IPNU dan IPPNU, serta mengadakan pemilihan duta IPNU dan IPPNU. “Pesertanya bebas dari sekolah dan pesantren mana saja namun masih berstatus pelajar dengan usia antara 15-20 tahun,” imbuhnya.

Karena sasarannya pelajar santri, Auliya, sekretaris IPPNU menambahkan, ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan peserta. Salah satunya adalah pemahaman tentang ke-NU-an, ke-Aswaja-an, serta terkait IPNU dan IPPNU.

“Ini nanti akan ditanyakan ketika peserta mulai mengikuti lomba, sehingga penanaman tentang NU, Aswaja Annahdliyah serta organisasi IPPNU dan IPPNU juga lebih dikenalkan,” tandasnya.

Untuk peserta lomba terdiri dari 10 orang setiap kelompoknya. Boleh laki-laki semua, atau pelajar putri semua, dan boleh juga separuh pelajar putra dan separuhnya putri. “Pemenang bakal mendapat tropi dan piagam penghargaan,” pungkas Aulia. (Muslim Abdurrahman/Mahbib)